cara memperbaiki wastafel yg tersumbat

administrator

Ads - After Post Image

Wastafel adalah salah satu perangkat sanitasi yang penting dalam rumah. Namun, tidak jarang kita mengalami masalah tersumbatnya wastafel akibat kotoran dan sisa-sisa makanan yang terbuang ke dalamnya. Tersumbatnya wastafel bisa menjadi masalah yang cukup menjengkelkan dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk itu, dalam artikel ini akan dijelaskan beberapa cara memperbaiki wastafel yang tersumbat secara efektif dan aman. Simak ulasannya di bawah ini!

1. Mencoba Menggunakan Pembersih Wastafel

Jika wastafel Anda tersumbat, langkah pertama yang dapat Anda coba adalah menggunakan pembersih khusus wastafel. Pembersih ini biasanya tersedia di toko-toko atau supermarket terdekat. Cara penggunaannya cukup mudah, yaitu dengan menuangkan pembersih tersebut ke dalam wastafel dan biarkan selama beberapa waktu sesuai petunjuk pada kemasan. Setelah itu, bilas wastafel dengan air panas. Pembersih wastafel ini bekerja dengan cara melarutkan kotoran atau lemak yang menyumbat saluran air.

2. Menggunakan Air Panas dan Deterjen

Jika Anda tidak memiliki pembersih khusus wastafel, Anda dapat menggunakan air panas dan deterjen sebagai alternatif. Caranya adalah dengan mengisi wastafel dengan air panas hingga setengah atau tiga perempat penuh. Kemudian, tambahkan beberapa sendok deterjen ke dalam air panas tersebut. Biarkan selama beberapa menit agar air panas dan deterjen dapat melarutkan kotoran yang menyumbat. Setelah itu, bilas wastafel dengan air panas lagi. Metode ini umumnya cukup efektif untuk mengatasi penyumbatan ringan pada wastafel.

3. Menggunakan Alat Pembersih Saluran Air

Jika penyumbatan di wastafel cukup parah dan kedua metode di atas tidak berhasil, Anda dapat mencoba menggunakan alat pembersih saluran air. Alat ini biasanya berbentuk seperti kawat yang lentur dan memiliki ujung yang melengkung atau berbulu. Cara penggunaannya adalah dengan memasukkan alat tersebut ke dalam saluran air dan memutar-mutarnya perlahan. Dengan begitu, kotoran yang menyumbat dapat terangkat dan saluran air dapat kembali lancar. Pastikan Anda menggunakan sarung tangan saat menggunakan alat ini untuk menjaga kebersihan dan keamanan.

Bagikan:

Ads - After Post Image