cara memperbaiki tombol keyboard berubah fungsi di windows 10

administrator

Ads - After Post Image

  1. Buka Control Panel dengan mengklik tombol Start dan mengetik “Control Panel” di kolom pencarian.
  2. Pilih “Program” dan kemudian klik “Uninstall a program”.
  3. Cari perangkat lunak yang telah Anda instal baru-baru ini dan klik kanan pada program tersebut. Pilih opsi “Uninstall”.
  4. Setelah proses penghapusan selesai, restart komputer Anda dan periksa apakah masalahnya sudah teratasi.

2. Perbarui atau Kembalikan Driver Keyboard

Driver keyboard yang tidak kompatibel atau rusak dapat menyebabkan perubahan fungsi tombol. Untuk memperbaiki masalah ini, Anda bisa mencoba memperbarui atau mengembalikan driver keyboard. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka “Device Manager” dengan mengklik kanan pada tombol Start dan memilih opsi “Device Manager”.
  2. Pada jendela “Device Manager”, cari dan perluas kategori “Keyboards”.
  3. Klik kanan pada keyboard yang bermasalah dan pilih opsi “Update driver”. Jika opsi tersebut tidak tersedia, Anda dapat mencoba memilih opsi “Uninstall device” terlebih dahulu, lalu restart komputer Anda untuk menginstal driver yang baru.
  4. Jika Anda memilih opsi “Update driver”, Windows akan mencari pembaruan driver secara otomatis. Jika pembaruan tersedia, ikuti petunjuk untuk menginstalnya.
  5. Jika masalah masih berlanjut, Anda dapat mencoba mengembalikan driver keyboard ke versi sebelumnya. Untuk melakukannya, klik kanan pada keyboard yang bermasalah, pilih opsi “Properties”, pilih tab “Driver”, dan klik opsi “Roll Back Driver”.
  6. Setelah melakukan perbaruan atau mengembalikan driver, restart komputer Anda dan periksa apakah masalahnya sudah teratasi.

3. Periksa Pengaturan Keyboard

Beberapa perubahan pengaturan sistem atau pengaturan keyboard dapat mempengaruhi fungsi tombol. Untuk memeriksa pengaturan keyboard, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka “Settings” dengan mengklik ikon gear di menu Start.
  2. Pilih opsi “Time & Language”, lalu pilih “Region & Language” di panel sebelah kiri.
  3. Pada halaman “Region & Language”, periksa apakah pengaturan bahasa dan pengaturan keyboard sesuai dengan preferensi Anda. Jika tidak, pilih opsi “Add a language” untuk menambahkan bahasa atau pilih opsi “Options” di samping bahasa yang digunakan untuk mengatur pengaturan keyboard.
  4. Periksa apakah pengaturan keyboard yang digunakan sesuai dengan jenis keyboard yang Anda gunakan. Jika tidak, pilih opsi “Add a keyboard” untuk menambahkan jenis keyboard yang sesuai.
  5. Setelah memeriksa dan mengatur pengaturan keyboard, restart komputer Anda dan periksa apakah masalahnya sudah teratasi.

4. Periksa Kerusakan Fisik pada Keyboard

Jika masalah masih berlanjut setelah mencoba solusi di atas, kemungkinan ada kerusakan fisik pada keyboard. Anda dapat mencoba menggunakan keyboard eksternal untuk memastikan apakah masalahnya terletak pada keyboard internal komputer atau bukan. Jika keyboard eksternal berfungsi dengan baik, kemungkinan besar keyboard internal perlu diperbaiki atau diganti.

Bagikan:

Ads - After Post Image